Monday, November 30, 2009

Bisnis Apa: Untuk Para Bunda ;-)

Milis yang satu ini dikelola oleh salah satu teman dekat saya di SMA dulu.. jeng Dini namanya…Lama nggak ketemu ternyata Dinilah salah satu founder dari milis tersebut selain Ike dan Devi. Biasanya yang kita bahas nggak jauh-jauh dari urusan anak..anak…dan anak….Walaupun klo sekalinya bicara tentang diri sendiri, langsung end up dengan acara off airnya kita yaitu Mother’s Day Off yang seru banget hehehe.

Kemarin Minda salah satu member di milis ini punya ide brilian yaitu merekap bisnis apa saja yang bisa dikerjakan oleh kita para Bunda…baik sebagai bisnis sampingan maupun sebagai bisnis utama. Rekapan tersebut kemudian diposting oleh Minda yang kemudian langsung mendapat sambutan hangat dari teman-teman lainnya…..saling menambahkan ide apa saja yang bisa dikerjakan…apa saja yang bisa dibisniskan….

Berikut ini adalah keseluruhan rangkuman posting-posting tersebut. Dengan seijin teman-teman yang baik (muaccch..muacchh) saya diperbolehkan mempostingnya ke blog ini. Bahasa yang digunakan benar-benar bahasa asli dari penulisnya….. walaupun tidak disertai dengan data-data penunjang, paling tidak rangkuman ini dapat membuka wawasan kita tentang peluang bisnis apa saja yang ada di sekitar kita ini.

Intinya kita yang ibu-ibu ini ingin juga (Sekarang atau yad hehehe) untuk meraskan bagaiana enaknya merasakan “uang bekerja untuk kita” BUKAN “bekerja untuk uang”. Yang mesti dingat teteeeep, biargimanapun harus kerja untuk uang dulu untuk ngedapetin modal awalnya. Harus kerja keras dulu....klo kata Robert Kiyosaki....mendapatkan 100 juta pertama sangat susah...tapi begitu kita sudah punya 100 juta yang pertama itu...maka untuk melipatgandakannya hingga berkali kali lipat, akan jauh lebih mudah. Karena dengan banyak uang, pilihan investasinya juga jadi lebih beragam dan leluasa....


Be a mom…be creative….build your own venture, why not?

Credits to Minda, Ike, Devi, Retma, Febie, Devita, Eva, Dhea, Tika, Kanu,Vita, A-ang, Riri


1. Online shop - sudah dibahas

2. Masak memasak - sudah dibahas

3a. Menulis
Sudah pernah lihat logo ini "ads by google" atau "ads by yahoo" ? Sudah sering dengar banyak blog yang "jualan" dan mendatangkan uang untuk pemiliknya ? Nah buat yang hobby nge-blog, bikin blog yang menarik, kalau kira-kira pengunjung blog kita sudah banyak, apply ke google atau ke yahoo google untuk ads itu, setiap orang yang klik ads tersebut akan mendatangkan uang buat kita. Hobby nge-blog tersalurkan, uang juga datang :-). Tapi hati-hati,kata Devita, banyak "kriminal" di dunia blog...hehehe. Modal awal ? tidak ada

3b. Menulis Setahu gue, banyak juga website yang mencari tenaga-tenaga freelanceuntuk meng-update website mereka, kerjanya ya freelancer atau part-timergitu. Modal awal ? langganan internet yang 24 jam unlimited - nah ini sekarang dahbanyak nih yang menyediakan dengan harga murah.

4. Hobby menata bunga
Teman gue pernah cerita, dia "berjualan" bunga rangkai ke hotel-hotel. Dia beli di pasar bunga, rangkai sendiri lalu jual ke hotel-hotel, atau kantor-kantor atau event-event tertentu. Modalnya enggak terlalu gede, tapi memang perlu bakat nyeni merangkai bunga dan "keberanian" negosiasi dengan bagian umum di hotel-hotel atau kantor-kantor. Modal awal ? untuk membeli bunga-bunga.

5. Menyewakan jenset
Ini juga ide dari teman gue, dia menyewakan jenset untuk acara-acara perkawinan/pesta/ sunatan, dll. Biasanya jenset ini digunakan untuk tambahan listrik untuk sound system atau AC. Kerjanya kebanyakan sabtu dan minggu, hanya beberapa jam. Modal awal ? Untuk membeli peralatan jenset. Kata teman gue sih harganya variasi tergantung besar kecilnya si jenset.

6. Photographer
Punya hobby foto? kenapa tidak dikembangkan? coba deh browsing di internet, banyak kok yang menyediakan kursus untuk moto. Coba spesialisasikan di satu bidang, misalnya photographer prewedding, anak-anak atau event. Kerjaan gini gak sering, tapi sekalinya kerja bisa menghasilkan uang yang lumayan. Modal awal? Untuk membeli peralatan photo. Lumayan mahal sih, tapi kamera SLR sudah banyak kok yang dibawah 10 juta, dan peralatan komputer untukediting.

7. Main saham
------------share 1----------
Kenapa tidak ? Yang diperlukan adalah kemampuan membaca trend. Tapi jangan takut, sekarang sudah banyak sekali broker/agent saham yang menyediakan jasa persahaman. Mereka akan memberikan informasi mengenai saham-saham yang akan "digoreng", tinggal kitanya yang berusaha mencari tahu lebih banyak agar tidak kecebur dalam "penggorengan saham"... hehehe. Modal awal ? untuk beli saham tentunya, enggak usah banyak-banyak, mulai dari yang kecil-kecilan saja dulu, mungkin dari dibawah 5 juta?

--------------share 2--------------
Komen soal main saham ya...ini hobi berbiaya tinggi banget. hihihi... kenapa tinggi, kerna kalo beli saham harus beli 1 lot = 500lb saham kalo 1lbr=Rp1000 (500lbr???). Kalo modal kecil, gimana kalo modiversifikasi? Belum lagi kita harus punya akses info lengkap portfolio ini itu.Yang aman adalah ikutan reksadana aja...Banyak kok reksadana yang untuk ikutannya gak butuh modal besar (baca: cuma ratusan ribu). Kita gak perlu mikir ini itu, kerna udah ada yang mikirin.hehehe...Sekarang, cukup banyak unit reksadana yang baru launching, jadi harga unit masih dikisaran 1000perak saja...ambil contoh manulife saham andalan, fortis syariah, Si syariah.

-----------------share 3------------
Turunan dari main saham, banyak yang sejenisnya. Antara lain lain trading index, trading forex, bursa komoditi.


8. Usaha salon kecantikan
Pernah enggak kepikiran kalau banyak wanita itu sebenarnya senang kesalon, tapi kendala waktu dan tempat membuat malas ke salon. Coba deh lirik-lirik di tempat perumahan sekitar, sudah ada salon-nya belum ? kalau khawatir gak bisa mendapatkan hair-dresser yang bagus atau enggak bisa menggunting sendiri, alternatif jasa salon lainnya kan banyak tuh creambath,spa, massage, meni-pedi, dll.... atau sekedar menyediakan penyewaan busana untuk tari, kartini-an, dan acara anak-anak lainnya. Sampingan dari usaha salon adalah jualan makanan/minuman kecil. Modal awal? ini kayaknya lumayan gede nih.

9. EO (event organiser)
Punya pengalaman ngurusin event dikantor sebelumnya ? jadi EO enggakjauh beda. Enggak usah muluk-muluk dulu yang melibatkan artis sana sini,bikin EO kecil-kecilan yang ngurusin perkawinan/sunatan/ ultah saudara atau tetangga. EO-nya ya ngurusin agenda acara, undangan sampai souvenirnya. Modal awal ? Ini enggak ada modalnya nih, hanya modal nekat, terkecuali yang punya event maunya kita yang belikan dulu souvenirnya baru kemudian dibayar.

10. Jadi pembawa acara
Hehehe... jangan ketawa dulu, ada lho teman gue yang tadinya karyawan beralih profesi menjadi pembawa acara. Jangan mikirin pembawa acara sekelas Oom Farhan atau Indi Barends. Mulai dari yang kecil-kecil, mungkin awalnya gratisan, ngemsi di acara RT, RW, meningkat kelurahan, kawinan, dan who knows ? Kalau pengen lebih pede, banyak kursus ngemsi sekarang ini kan ? Modal awal ? kalau pake kursus dulu ya ada berarti modal awalnya untuk biaya kursus.

11. Tempat senam
Kemaren main kerumah tetangga, terus kita lihat garasi rumahnya yang lumayan gede tapi enggak kepake, terus timbul ide, kenapa enggak dibikin untuk tempat senam ? yang penting dipasang kaca di seluruh dinding, terus dipasangin list pegangan di sekitar dinding, terus cari deh pengajar senamnya. Keuntungannya? Kita sendiri juga ikutan jadi rajin senam toh ?

12. Catering
Hobby masak ?
kenapa tidak coba buka usaha catering ? Catering sekarang kan tidak hanya dibutuhkan untuk event gede, untuk arisan saja sudah pake catering, bahkan kemaren lebaran juga banyak lho yang minta jasa catering yang menyediakan makanan di hari pertama lebaran, karena orang sekarang kan semakin malas repot tuh. Modal awal ? Untuk beli alat-alat masak, alat-alat makan, dll

13. Franchise
Enggak ngerti bisnis apapun tapi punya uang lebih ? kenapa tidak cobaikutan franchise saja ?

14. Kontrak / bikin kos-kosan
Hehehe... ini mah bisnis masa depan, modalnya gede banget.... wong rumah sendiri aja masih ngontrak juga....hehehe.

15. Menyediakan jasa pembuatan souvenir untuk kantor-kantor
Waktu gue masih sering mengadakan event dan perlu banyak souvenir, salah seorang supplier kita adalah perempuan single fighter, maksudnya dia hanya pinjam bendera orang untuk menawarkan jasa pembuatan souvenir. Souvenirnya dia beli ditempat penjualan souvenir, dan dibuatkan logonya ditempat pembuatan logo. Jadi jasanya hanya sebagai "perantara" agar perusahaan tidak perlu susah payah datang ke banyak toko dan memilih souvenir yang bentuknya beragam. Modal awal ? tergantung ya, kalau deal-nya bisa back to back, maksudnya barang yang kita beli bari dibayar kalau kita sudah dibayar, ya enggak ada modalnya, yang penting banyak networking lah....

16. Profesional work
Banyak teman yang "memanfaatkan" ilmu profesionalnya dengan bekerja dari rumah. Misalnya dokter dengan membuka praktek dirumah....hehehe. .. kalau ini mah ya pastilah ...heheh. Atau yang sarjana hukum dengan menyediakan jasaper-legal-an dengan mengerjakannya secara pribadi. Atau seperti yang pernah dibahas, bikin design blog, bikin video auditing, dll.

17. Jadi Penterjemah lepas
Setau ku banyak kantor2 perlu penterjemah utk terjemahin laporan mereka.Kalo nyuruh sekretaris mereka sendiri yg ngerjain, bisa2 kerjaansekretarisnya keteteran. :-) Yg aku tau banyak LSM, karena laporan kegiatandisini biasanya dibuat dalam bhs Indonesia dan mau dibaca si bule jadi kudu diterjemahin ke bhs Inggris. Atau sebaliknya, ada manual dari penyandang dananya (rata2 dlm bhs Inggris) yg kudu didistribusikan di Indo, jd harus diterjemahkan ke bhs Indonesia. Untuk terjemahan model begini biasanya mereka ga perlu yg tersumpah. Kalo mau lebih serius, bisa ambil kursus penterjemah yg tersumpah (kalo gasalah ada di UI), jadi bisa juga menterjemahkan surat2 penting seperti ijazah atau akte.

18. Graphic Designer/ Web designer
Makin menjamurnya usaha kecil, banyak orang yg butuh jasa utk bikin logo atau kartu nama. Biarpun di kartu nama ga ada jabatan, kalo ketemu temenkudu tukeran krtu nama dong. Hehehehehe. Belon kalo usaha seseorang makingede, biasanya mereka butuh logo, cap, sticker, atau apa deh yg berkaitan dengan desain. Belon lagi kalo dia mau go online, kan web nya kudu didandanin tuh, bukan sekedar logo doang.. Lay out nya & warnanya dll kudu dipikirin juga. Bisa juga utk desain undangan kawin sampe ngurusin cetaknya.

19. MLM
Di sekolah anakku, biasanya di ruang tunggu+resepsionis ada ibu2 yang nitip brosur2/katalog MLM. Biasanya di dalemnya dah ada kertas buat ngisi, siapamo pesen apa. :p

20. Jualan buku
sebenernya mirip ama mbak Devita sih. Cuman yg aku liat, biasanya di"sekolah" anakku ada yg jualan buku2 anak (biasanya yg bagus, kdg bilingual atau bhs Inggris). --> selalu ada yg beli looooh.

21. Memasarkan asuransi
Ini temen nongkrong di "sekolah" anakku neeeeh. ^_^ Biasanya dia nungguin anaknya sambil bawa brosur2 gituw, terus nanti biasa deeeeh, nawarin asuransi. Biasanya sih asuransi pendidikan.

22. Les privat
Buat yang merasa ada kemampuan, kenapa ngga buka les privat apa aja. modalnya ilmu buat bikin kurikulum dan sedikit untuk fotokopi worksheet dan bahan diskusi.

23. Indoor playground
baru baru ini aku ubah garasiku jadi playground, dengan menggunakan mainan2 anakku yang ngga terpakai, juga nyari2 mainan2 bekas sepupu2nya, berburu juga di garage sale. modal memang ada sih, beli slide set yang merk step2 atau yang lebih murah lerado. mobil2an, skuter2an, motor2an, dll yang bisa ditunggangin pakai mainan anakku, juga mainan sepupu2 yang kondisi masih bagus tapi sudah ga dipakai. walaupun bayar per jam nya juga murah ga kaya di mal (ya fasilitas kan jelas beda) tapi tiap pagi-sore ada aja yang main, itung2 buat menghibur anak2ku dan sepupu2nya juga yang sering ke rumah :)oiya, sesuai dengan cita2ku bikin perpustakaan, aku juga buat taman bacaan pakai buku2 yang aku beli secondhand tapi kondisi terjamin. yang ini kayanya lebih aktualisasi diri deh hehe.. sekalian menciptakan masyarakat cinta buku hehe..

24. Antar jemput anak sekolah
-----------share 1---------
Kl tinggal di komplek perumahan,profesi ini lumayan banyak dicari orang, lho. Bisa dilakukan sendiri, bisa juga mengkaryakan sopir. Alya dulu waktu playgroup, pake anter jemput yg sopirnya sekaligus owner mobilnya, ibu rumah tangga. 1 mobil isinya paling cuma 2 anak, serasa mobil sendiri, anak juga ga capek harus nungguin daftar anter yg lumayan, keik antar jemput yg disediakan pihak sekolah. Di komplek perumahan saudaraku (BSD), ada satu ibu rumah tangga yg menyediakan jasa ini, pemakai jasanya ya tetangga sekitar rumahnya. Laris manis bo, secara orang merasa aman menitipkan anak ke orang yg mereka kenal :)

---------share 2----------
Pengembangan bisnis dari idenya Mba Devita nih.Sambil antar jemput anak sekolah, bawa dagangan di bagasi. Begitu anak dah aman di kelasnya, buka bagasi gelar dagangan sambilnunggu anak sekolah pulang.Dagangannya bisa apa aja dari hasil hobby (sulam pita, masakan dll)bawa dagangan temen, mayan dapat komisi. Dah nambah 2 penghasilan. dapat dari bayaran antar jemput sama jualan

25. jadi agen asuransi
---------share 1----------
pengalaman temen yg akhirnya beralih ke profesi ini. ternyata income sebulannya dah melebihi gaji dia waktu jadi working mom, tapi anak tetep kepegang. cuma kendalanya, biasanya malah weekend yg harus diluar rumah, karena calon prospek biasanya weekend baru bisa dikunjungi (senin-jumat biasanya cuma via telepon). kalo suami bisa kompromi pada waktu janjian ketemu calon prospek bisa sekalian ajak keluarga, setelah ketemu calon prospek bisa langsung jalan2 ama keluarga.

-------------share 2------------
Sampe detik ini masih dan akan terus berlanjut soalnya ternyata asik juga punya kenalan2 baru dan bisa nambah ilmu presentasi jadi ga cepet grogi kalo ngomong di depan org byk hehehhe. Modal pulsa, ongkos bensin, sama agak sedikit nyolek waktu kerja kantor (alhamdullilah dpt kantor yg santai bok')

26. Bikin bulletin komunitasBuat yang suka nulis bisa bikin buletin2 yang bisa dijual di komunitas yangdiikuti seperti ngejualnya ke ibu2 di sekolah anak, di pengajian atau dikompleks perumahan.

27 Bikin laundry kiloan
Kalo yang ini modalnya cuma mesin cuci dan si-mbak yang bantu2 gosok. Gak usah iklan kemana-mana dulu tapi bisa dengan ambil orderan dari tetangga terdekat yang mungkin belum dapat pembantu sampe sekarang..bisnis ini booming menjelang lebaran lohh:)

28 Nulis buku
Sekarang menerbitkan buku semakin gampang loh..Malah makin banyak penerbityang sedang muter2 nyari naskah.. Lumayan juga loh duitnya, katanya sihhhh

29. Penata jilbab panggilan
Sekarang mulai banyak ibu2 yang pake jilbab dan sering bingung untuk menata jilbabnya saat mau pergi ke peta misalnya. Kita bisa menjadi penata jilbab panggilan buat ibu2 di kompleks kita dulu, misalnya.. Sekarang juga sudah mulai banyak salon2 muslimah yang memberikan kursus menata jilbab.

30. Penerjemah lepas
Gak mesti nerjemahin naskah... Gw sering juga dapet order, nemenin bule yang mo survey...kita cuma nerjemahin omng-omongan- nya dia... pekerjaan ini beneran musiman.hehehe...

31. Mengoptimalkan hobi
mulai dari masak, nulis, jahit -menjahit, merajut, bikin pola, sulam pita,sulam benang, beading,patchwork, sablon, bikin kertas daur ulang, bikin kartu.(red: apa aja bisa jadi uang kalo diseriusin maksudnya nih)

32. Jadi agen properti
ikutan ama agen ternama, jadi freelance agent aja dulu

33.Main reksadan
Modal lebih dikit (di bank mandiri bisa dari 500rb), ngak usah harus dipantengin setiap bulan, paling ngak punya target minimal 1x/tahun ada gain)

34. Jualan es mambo di rumah.
Kalo ini pengalaman ibuku....ide awalnya karena anak2nya suka ama es mambo daripada beli diluaran yg gak jelas proses pembuatannya, gulanya pake apa, airnya mentah engga, makanya ibuku bikin es mambo sendiri yg pasti terjamin dari segi kesehatan. Seringnya bikin rasa kacang ijo dan coklat. Tadinya utk konsumsi sendiri eeeehhhhh tetangga mulai beli, akhirnya sempet dititipkan ke warung2 dan sekolah2....

35. Jualan minuman dingin.
Modalnya wkt itu aku 1 jt. Buat beli gerobak dorong dr Sosro 800rb termasuk cooler boxnya (aku baru tau kalo ada yg jual "tiruannya" deket rumah, denger2 sih 500rban jd gak harus beli dari Sosronya lgs). Utk beli minumannya yaahhh 300rb udah cukup. Enaknya sistem gerobak ini gak harus tinggal disatu tempat bisa didorong kemana2.

36. Buka usaha cuci motor. Note. asal airnya air tanah kalo PAM bisa tekor.....

37. Bisnis fotokopian.
Modal usahanya memang besar selain kita hrs nyari tempat yg strategis, utk beli alat2nya jg gak murah wkt itu sempet ada yg nawarin mereka jual yg second 17 jtan (lengkap mesin fotokopi, binder, pemotong kertas, alat spiral dll) kalo utk isinya bisa sistem konsinyasi jadi gak harus beli dulu.

38. Rental Playstation.
Temen br buka bulan lalu ktnya keuntungannya lumayan (rumah dkt Univ. jd kebanyakan pelanggannya mahasiswa) bisa 500rb/hari penghasilannya.

39a. Rental mobil pick up.
Kebetulan rumah dipercetakan negara deket ama toko2 furniture dan toko keramik. Mertua melirik peluang kesempatan ini dgn membeli pick up dan menyewakannya. Pemakai jasa kebanyakan pembeli kasur, furniture, keramik. Malah ada yg suka angkut2 pindahan secara banyak kost2an juga deket2 situ.....Kadang juga kerjasama dgn pemilik toko keramik/furniture juga. Jd kalo ada pembeli yg membutuhkan jasa pengantaran keramiknya tinggal telp. Sistem gajian drivernya penghasilan hari ini dibagi 60:40.

39b. Rental Mobil Taruna. 300rb/hari.

Jualan Barang2 BrandedKebetulan punya temen2 di Belanda dan German yg rajin kirimim barang2(tas, dompet, jam dll) bermerek International buat dijualin secara credit. Modalnya cuma telpon ama internet banking. Untungnya ehemm lumayan bangeds. Cuma kudu tahan banting secara kudu cuap cuap promosi tiada henti hehehe

40.Jualan Parfum AbalPaling enak nih tanpa modal, tapi yah untung jg ga gitu gede.

41.Jualan Baju macem2 Cewewk2 indonesia tuh paling konsumtif loh ama segala sesuatu yg lagi in termasuk mode, nah yg kayak begini enak banget nih jadi sasaran.


42. Jualan aneka kebutuhan rumahtangga curah. Itu lho ada rinso, pewangi, superpel, bayclin etc yang tanpa merk. Dijual dalam kemasan plastik atau botol bekas Aqua. Lariss banget karena harganya jauh dibandingkan yang bermerk. Cukup bermodal 1,5 jt dan akan memperoleh perlengkapan serta bahan bahan untuk dijual dari pabriknya. Mamaku jadi agen di Sukabumi, hehe......makanya tau.

43. Guru privat piano seorang teman kuliah mulai dari masih kuliah nyambi privat piano dari rumah ke rumah. Sampai lulus pun dia memilih jadi guru privat. Sekarang dia buka sekolah musik di Bogor.

44. Reseller e-book(red: yang dijual buku jauga tapi dalam bentuk soft file…biasanya sistemnya affiliasi, jadi nanti kita akan dapat komisi jika berhasil menjual e-book tersebut)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment