Monday, November 30, 2009

Peluang Usaha Bisnis Jasa Cuci Motor

Peluang usaha bisnis jasa cuci motor bisa jadi adalah salah satu jenis usaha yang relatif tidak beresiko tinggi. Apalagi dengan jumlah populasi motor seperti sekarang ini, ditambah cuaca dan budaya orang-orang di sekitar kita, maka membuka bisnis jasa cuci motor merupakan alternatif usaha yang perlu dipertimbangkan.

Tapi apa mungkin masih menguntungkan membuka usaha cuci motor? serasa dimana-mana sudah banyak orang memulai usaha ini. Well kenapa tidak?! Yang patut diingat adalah bahwa ini bisnis jasa. Artinya semakin bagus jasa yang diberikan maka usaha cuci motor ini tetap akan sangat menguntungkan.
Lho kan sama saja, hanya tinggal semprot-semprot, sikat, lap dan keringkan, begitu bukan?! Tentu tidak! Ya tidak hanya sekedar cuci dan bersihkan. Kalau begitu sih semua orang juga bisa, tapi ingat sekali lagi , ini bisnis jasa, yang dijual sebetulnya bukan semata membersihkan, tapi lebih kepada kepuasaan.

Semakin tinggi tingkat kepuasan konsumen maka sudah bisa dipastikan statusnya akan berubah menjadi pelanggan. Kalau sudah begitu, itu sama artinya pemasukan yang berkelanjutan. Anda mau?

Lalu pelayanan seperti apa yang bisa meningkatkan kepuasan pelanggan?
Berikut ini yang selintas terpikirkan :
1. Bersih ,
ini sudah tentu kepuasan mutlak ya. Namanya juga jasa mencuci, lha kalau masih kotor buat apa susah-susah cari jasa mencuci?.
2.Cepat,
ini yang seringkali tidak diperhitungkan oleh banyak penjual jasa cuci motor. Mencuci tanpa target standar berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencuci satu motor akan membuat konsumen tidak sabar menunggu. Ujung-ujungnya , menggerutu dan jangan harap kembali lagi
3. Nyaman
ini pengalaman pribadi saat mencari-cari jasa cuci motor. Yang jelas tidak serta-merta bisa mencuci dimana saja, tapi seringkali sambil pilih-pilih tempat yang nyaman. Nyaman selama menunggu selesainya motor dicuci. Nyaman itu maksudnya juga bisa duduk dengan santai dan akan lebih enak bila ditempat itu juga disediakan makanan dan minuman, minimal semacam teh botol ,kopi, teh manis dll.

Lalu Kira-kira berapa modal yang diperlukan?
kalau melihat secara kasar sepertinya diluar modal tempat maka sekitar Rp.5 jt sudah cukup untuk memulai usaha cuci motor. Rp. 5 jt ini untuk membeli perangkat yang diperlukan seperti pompa air, kompresor, drum air, sponge, kanebo, sikat, semir ban, lap dan lain-lain. Dan bila ada modal lebih, maka disandingkan dengan jualan pulsa dan teh botol tentu akan menambah pemasukan.

1 comment: