Monday, November 30, 2009

Peluang Usaha Crêpe

Setumpuk crêpe
Crêpe adalah panekuk tipis yang terbuat dari gandum dan merupakan makanan yang sangat digemari di seluruh Eropa dan tempat lainnya. Bahan utamanya adalah terigu, telur, susu, mentega, dan garam. Terdapat dua jenis crêpe, yaitu crêpe manis yang terbuat dari tepung gandum dan crêpe asin yang terbuat dari tepung buckwheat.
Crêpe berasal dari Bretagne, sebuah wilayah di Perancis bagian barat, di mana crêpe disebut sebagai kramphouezh. Namun, konsumsi crêpe sekarang sudah meluas di seluruh Perancis. Buckwheat berasal dari Tiongkok, dan setelah menyebar ke Eropa Timur berkembang menjadi makanan sejenis yang disebut blintz. Di Bretagne, crêpes biasanya disajikan secara tradisional dengan saus apel. Di kawasan Eropa Tengah, makanan sejenis ini disebut palačinka (bahasa Ceko, Slowakia, Kroasia dan Slovenia), palatschinken (Austria), palacsinta (bahasa Hongaria). Semua julukan ini berasal dari kata Rumania plăcintă (bahasa Latin placenta yang berarti ‘kue’). Di kebanyakan daerah Jerman, crêpe disebut sebagai Pfannkuchen, dan dalam bahasa Belanda pannenkoeken. Kedua kata ini, berasal dari kata ‘pan’ dan ‘cake’ yang masing-masing berarti ‘pemanggangan’ dan ‘kue’.

Penyajian
Sebuah crêpe manis dengan topping whipped cream dan saus stroberi
Crêpe dapat digulung atau dilipat, dan dapat juga diisi dengan berbagai macam isi. Crêpes dapat dimakan dengan makanan apapun apabila ia diasinkan, dan diisi dengankeju, asparagus, ham, telur, ratatouille, jamur, atau produk daging lainnya.
Crêpe yang manis dapat dijadikan sebagai hidangan penutup. Crêpe dapat diisi dengan berbagai jenis makanan manis: selai, cokelat lelehan, susu, es krim, buah berry, kacang, cinnamon, dan sebagainya. Sebagai topping atau atasnya dapat digunakan gula (bubuk), jus lemon, whipped cream, buah-buahan yang dipotong, dsb.
Sebuah crêpe tipikal yang berasal dari Perancis dan Belgia adalah Crêpe Suzette, sebuah crêpe dengan sedikit kulit jeruk yang diparut dan minuman keras liqueur (biasanya Grand Marnier) yang kemudian dipanaskan.

Merupakan hal yang cukup umum juga untuk menggulung atau melipat crêpe, lalu digoreng, dipanggang atau disaute, tidak seperti blintz, meskipun persiappannya mirip.

Di Perancis, crêpe biasanya disajikan secara tradisional pada Candlemas (La Chandeleur), pada tanggal 2 Februari.

Peluang Usaha
Kini membuat crepes lebih simple dengan mesin crepes type gas
karena anda yang tidak punya keahlian untuk membuat crepes pun dapat membuat crepes yang bulat dan tipis yang sudah pasti crispy.
Karena mesin crepes ini sudah di design dengan berbagai kemudahan dan innovasi diantaranya :
* sudah dilengkapi dengan anti angin sehingga dapat digunakan untuk pesta-pesta outdoor ataupun acara catering
* baja dan body terbuat dari stainless steel
* design body menyatu dengan baja sehingga lebih simple dan mudah menggunakannya
* baja anti lengket
* panas stabil dan merata
* harga yang ekonomis
* dll

Tipe Gas harga Rp. 2.500.000,-
Tipe Listrik harga Rp.3.000.000,-
Kompor untuk membuat Crepes ini sangat cocok untuk dipakai bagi rekan-rekan yang ingin memulai membuka usaha dengan merk sendiri, Karena selain makanan Crepes pada saat ini banyak disukai oleh berbagai kalangan, juga cara pembuatannya yang sangat mudah. Kompor yang kami jual ini juga sudah dipakai oleh beberapa pengusaha crepes di berbagai daerah. Kompor Crepes ini menggunakan tenaga listrik sebesar 1300 W.

Kami juga menjual tepung crepes siap saji, simple hanya tambah air saja Rasa dan aroma sama dengan yang ada di mall mall terkenal jadi anda juga bisa menjadi pengusaha crepes dengan merk anda sendiri…..
Harga Rp. 23.000/kg menghasilkan -/+ 25 crepes dengan ukuran diameter 34 cm
Analisa bisnis

Modal awal :
Beli Kompor Rp. 2.500.000,-
Setup Konter Rp. 3.500.000,- ( tergantung selerah anda)

Jumlah Rp. 6.000.000,-
Rata-rata penjualan perhari = 40 crepes ( 2KG tepung crepes )
Rata-rata harga jual adalah Rp. 5.000.00
Maka penjualan per hari adalah :
40 x 5,000 = Rp. 200,000,00
Penjualan per bulan :
30 x 200,000 = Rp. 6.000,000,00
Pengeluaran :
Biaya bahan5% = Rp. 2,700,000,00
lain 2% = Rp. 120,000,00
Biaya Sewa tempat = Rp. 300,000,00
Gaji Karyawan = Rp. 500,000,00
TOTAL PENGELUARAN = Rp. 3,620,000,00
Nett Profit = Rp. 2,380,000,00
BEP ( 6,000,000,00/ 2,380,00,00 = +/- 3 bulan )

tergantung penjualan harian dan harga jual semakin banyak penjualan harian semakin cepat balik modalnya..
Tertarik ….
Silahkan hub kami
Samudra Wibowo
081519220879

No comments:

Post a Comment